Akademi Berkisah

Program Studi Pendidikan Islam Anak Usia Dini (PIAUD) Fakultas Ilmu Tarbiyah dan Keguruan memiliki tugas untuk menyiapkan mahasiswa menjadi calon guru, ahli berkisah, dan edupreneur, sebagaimana profil utama dan profil tambahan lulusan. Salah satu upaya yang dilakukan oleh program studi adalah dengan menyelenggarakan akademi berkisah (QAcademy). Program ini telah dilaunching dalam acara kuliah umum program studi tanggal 20 Oktober 2016, bertempat di Convention Hall Lantai 1 UIN Sunan Kalijaga Yogyakarta. Dalam menyelenggarakan program ini, program studi bekerja sama dengan Persaudaraan Pencerita Muslim Indonesia (PPMI), yakni sebuah lembaga badan hukum yang concern pada pendidikan Islam.

Akademi berkisah merupakan program pelatihan yang dirancang untuk memberikan seperangkat pengetahuan dan keterampilan kepada mahasiswa agar menjadi juru/ahli kisah. Program ini dirancang dalam 2 (tingkat), yaitu tingkat pemula/dasar dan tingkat lanjut. Tingkat dasar dirancang dalam 8 kali pertemua dengan durasi waktu 3 jam. Pada tingkat ini mahasiswa akan latih dan diberikan materi berupa: (1) Pondasi dan Etika Juru Kisah, (2) Materi Dasar dan Teknik Berkisah, (3) Praktik dan Pendampingan Berkisah, dan (4) Produksi Kisah berupa teks, audio, dan video. Sedangkan pada tingkat lanjut, mahasiswa akan lebih banyak dilatih keterampilannya dalam hal gestur, menirukan suara, dan berkisah dengan menggunakan media.

Program Akademi Berkisah ini akan dilaksanakan secara reguler setiap 2 (dua) bulan sekali. Mahasiswa dapat mendaftar setiap saat. Untuk angkatan I Tingkat dasar telah dimulai dan sedang berlangsung sejak tanggal 18 November sampai dengan 17 Desember 2016. Adapun peserta angkatan I tingkat dasar sebanyak 13 orang sebagai berikut.

  1. Aska Mawalia
  2. Anggria Novita
  3. Azizah Uswatun Hasanah
  4. Desy Rahmawati
  5. Harisma Mujibah Abdillah
  6. Nur Kamelia Mukhtar AH
  7. Mirta Faiqohini Ulinnuhaya
  8. Nur Kholida Nasution
  9. Nur Laila Mukarramah
  10. Nur Jannah
  11. Rokhayati
  12. M. Abdul Lathif
  13. Tsalisun Nisa'
Arsip Pengumuman
Arsip Berita
Arsip Agenda
Arsip Kolom